FKOGK
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS

Go down 
3 posters
PengirimMessage
mas roso
Koordinator
mas roso


Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeSat Oct 17, 2009 9:48 am

Karakteristik Anak dengan kebutuhan khusus
Setiap anak dengan kebutuhan khusus memiliki karakteristik (ciri-ciri) tertentu yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk keperluan identifikasi, di bawah ini akan disebutkan ciri-ciri yang menonjol dari masing-masing jenis anak dengan kebutuhan khusus.
1. Tunanetra/anak yang mengalami gangguan penglihatan
a. a. Tidak mampu melihat
b. b. Tidak mampu mengenali orang pada jarak 6 meter
c. Kerusakan nyata pada kedua bola mata,
d. Sering meraba-raba/tersandung waktu berjalan,
e. Mengalami kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya,
f. Bagian bola mata yang hitam berwarna keruh/besisik/kering,
g. Peradangan hebat pada kedua bola mata,
h. Mata bergoyang terus.
Nilai standar : 4 (di luar a dan b), maksudnya, jika a dan b terpenuhi, maka tidak perlu menghitung urutan berikutnya.
2. Tunarungu/anak yang mengalami gangguan pendengaran
a. Tidak mampu mendengar,
b. Terlambat perkembangan bahasa
c. Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi
d. Kurang/tidak tanggap bila diajak bicara
e. Ucapan kata tidak jelas
f. Kualitas suara aneh/monoton,
g. Sering memiringkan kepala dalam usaha mendengar
h. Banyak perhatian terhadap getaran,
i. Keluar cairan ‘nanah’ dari kedua telinga
Nilai Standar : 6 (di luar a), maksudnya jika a terpenuhi, maka berikutnya tidak perlu dihiung.
3. Tunadaksa/anak yang mengalami kelainan angota tubuh/gerakan
a. Anggauta gerak tubuh kaku/lemah/lumpuh,
b. Kesulitan dalam gerakan (tidak sempurna, tidak lentur/tidak terkendali),
c. Terdapat bagian anggauta gerak yang tidak lengkap/tidak sempurna/lebih kecil dari biasa,
d. Terdapat cacat pada alat gerak,
e. Jari tangan kaku dan tidak dapat menggenggam,
f. Kesulitan pada saat berdiri/berjalan/duduk, dan menunjukkan sikap tubuh tidak normal
g. Hiperaktif/tidak dapat tenang.
Nilai Standar : 5
4. Anak Berbakat/ memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa
a. Membaca pada usia lebih muda,
b. Membaca lebih cepat dan lebih banyak,
c. Memiliki perbendaharaan kata yang luas,
d. Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat,
e. Mempunayi minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa,
f. Mempunyai inisiatif dan dapat berkeja sendiri,
g. Menunjukkan keaslian (orisinalitas) dalam ungkapan verbal,
h. Memberi jawaban-jawaban yang baik,
i. Dapat memberikan banyak gagasan
j. Luwes dalam berpikir
k. Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan,
l. Mempunyai pengamatan yang tajam,
m. Dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang, terutama terhadap tugas atau bidang yang diminati,
n. Berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri,
o. Senang mencoba hal-hal baru,
p. Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang tinggi,
q. Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan-pemecahan masalah,
r. Cepat menangkap hubungan sebabakibat,
s. Berperilaku terarah pada tujuan,
t. Mempunyai daya imajinasi yang kuat,
u. Mempunyai banyak kegemaran (hobi),
v. Mempunyai daya ingat yang kuat,
w. Tidak cepat puas dengan prestasinya,
x. Peka (sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi),
y. Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan.
Nilai Standar : 18
5. Tunagrahita
a. Penampilan fisik tidak seimbang, misalnya kepala terlalu kecil/ besar,
b. Tidak dapat mengurus diri sendiri sesuai usia,
c. Perkembangan bicara/bahasa terlambat
d. Tidak ada/kurang sekali perhatiannya terhadap lingkungan (pandangan kosong),
e. Koordinasi gerakan kurang (gerakan sering tidak terkendali),
f. Sering keluar ludah (cairan) dari mulut (ngiler)
Nilai Standar : 6
6. Anak Lamban Belajar
a. Rata-rata prestasi belajarnya selalu rendah (kurang dari 6),
b. Dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik sering terlambat dibandingkan teman-teman seusianya,
c. Daya tangkap terhadap pelajaran lambat,
d. Pernah tidak naik kelas.
Nilai Standar : 4
7. Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik
• Anak yang mengalami kesulitan membaca (disleksia)
a. Perkembangan kemampuan membaca terlambat,
b. Kemampuan memahami isi bacaan rendah,
c. Kalau membaca sering banyak kesalahan
Nilai standarnya 3
• Anak yang mengalami kesulitan belajar menulis (disgrafia)
a. Kalau menyalin tulisan sering terlambat selesai,
b. Sering salah menulis huruf b dengan p, p dengan q, v dengan u, 2 dengan 5, 6 dengan 9, dan sebagainya,
c. Hasil tulisannya jelek dan tidak terbaca,
d. Tulisannya banyak salah/terbalik/huruf hilang,
e. Sulit menulis dengan lurus pada kertas tak bergaris.
Nilai standarnya 4.
• Anak yang mengalami kesulitan belajar berhitung (diskalkulia)
a. Sulit membedakan tanda-tanda: +, -, x, :, >, <, =
b. Sulit mengoperasikan hitungan/bilangan,
c. Sering salah membilang dengan urut,
d. Sering salah membedakan angka 9 dengan 6; 17 dengan 71, 2 dengan 5, 3 dengan 8, dan sebagainya,
e. Sulit membedakan bangun-bangun geometri.
Nilai standarnya 4.
8. Anak yang mengalami gangguan komunikasi
a. Sulit menangkap isi pembicaraan orang lain,
b. Tidak lancar dalam berbicaraa/mengemukakan ide,
c. Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi,
d. Kalau berbicara sering gagap/gugup,
e. Suaranya parau/aneh,
f. Tidak fasih mengucapkan kata-kata tertentu/celat/cadel,
g. Organ bicaranya tidak normal/sumbing.
Nilai standarnya 5.

9. Tunalaras (anak yang mengalami gangguan emosi dan perilaku).
a. Bersikap membangkang,
b. Mudah terangsang emosinya/emosional/mudah marah
c. Sering melakukan tindakan aggresif, merusak, mengganggu
d. Sering bertindak melanggar norma social/norma susila/hukum.
Nilai standarnya 4.
Kembali Ke Atas Go down
erwan efendi
Koordinator
erwan efendi


Lokasi : Indramayu Asli Ngleri Playen GK Ngayogyokarto Hadiningrat
Reputation : 2
Join date : 14.05.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 1:57 pm

Syiip mas roso, moga semua orang tua bs mendeteksi lebih dini terhadap perilaku anaknya. ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS 398807
request sekalian mas roso untuk kategori deteksi dini anak autis...! kebetulan keseharian saya jg menghadapi anak2 seperti itu di SLB, suwun
Kembali Ke Atas Go down
http://blo99uru.blogspot.com/
mas roso
Koordinator
mas roso


Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 2:34 pm

erwan efendi wrote:

kebetulan keseharian saya jg menghadapi anak2 seperti itu di SLB, suwun

.......................

Halah koq sami to Lek ...

Kulo teng SLB Tri Asih
Kembali Ke Atas Go down
erwan efendi
Koordinator
erwan efendi


Lokasi : Indramayu Asli Ngleri Playen GK Ngayogyokarto Hadiningrat
Reputation : 2
Join date : 14.05.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 2:37 pm

mas roso wrote:

.......................

Halah koq sami to Lek ...

Kulo teng SLB Tri Asih

SLB TRI Asih ngendi kang? Jogja, opo GK? aku SLB N 2 Indramayu
Kembali Ke Atas Go down
http://blo99uru.blogspot.com/
mas roso
Koordinator
mas roso


Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 3:07 pm

Wheh ... Jakarta
khusus C (kanggo anak2 sik 'OON'
yo mung modal 'sabar' lan sabar' trus 'bersyukur' bisa ngurusi mereka
'biasane gongku dari tempat nggo ngangsu kawruh seluruh Indonesia,
coba kang yen ono wektu dolan...

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS 171565
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator
4lief4


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 4:12 pm

Info PAUD SLB yg ada dijogja dong! Ada yg bisa bntu mungkin
Kembali Ke Atas Go down
mas roso
Koordinator
mas roso


Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeTue Oct 20, 2009 4:20 pm

4lief4 wrote:
Info PAUD SLB yg ada dijogja dong! Ada yg bisa bntu mungkin

..................

Coba aja dulu untuk khusus Teraphy,
Kembali Ke Atas Go down
erwan efendi
Koordinator
erwan efendi


Lokasi : Indramayu Asli Ngleri Playen GK Ngayogyokarto Hadiningrat
Reputation : 2
Join date : 14.05.09

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitimeSat May 08, 2010 10:57 am

mas roso wrote:
Wheh ... Jakarta
khusus C (kanggo anak2 sik 'OON'
yo mung modal 'sabar' lan sabar' trus 'bersyukur' bisa ngurusi mereka
'biasane gongku dari tempat nggo ngangsu kawruh seluruh Indonesia,
coba kang yen ono wektu dolan...

ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS 171565

wah yoh kapan kapan dolan kang, berbagai jenis kelainan menampung kih, anak A, B, C, C1, D, DS, Autis, ADHD komplit.
Kembali Ke Atas Go down
http://blo99uru.blogspot.com/
Sponsored content





ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Empty
PostSubyek: Re: ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS   ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Lokasi- lokasi di Gunungkidul Yang Menjadi sarana Rekreasi Bersama Anak-Anak dengan Gratis
» Ebook Islami untuk anak-anak kita
» Dengan Metode Bermain Anak SD Bisa Hafal Al-Qur'an 18 Juz
» Anak-anak Palestina di Penjara Israel Disiksa Layaknya orang Dewasa
» Agar Anak Kita Tumbuh menjadi anak percaya diri

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: IT GADGET & EDU CORNER :: Sekolah & Pendidikan-
Navigasi: