FKOGK
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKPencarianPendaftaranLogin


 

 Merawat Pakaian Batik

Go down 
PengirimMessage
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Sep 18, 2008 1:44 pm

Batik memang sedang in. Namun, bisa jadi belum banyak orang yang mengetahui cara merawat pakaian batik agar warnanya tetap awet seperti di toko batik. Berikut ini sejumlah cara alternatif merawat desain batik kesayangan.

1. Saat mencucinya, gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran.

2. Atau, cuci baju batik dengan sampo rambut. Sebelumnya, larutkan sampo di air sampai tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan design batik.

3. Mencuci model batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa lalu tambahkan air secukupnya, dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak model baju batik.

4. Saat mencuci desain baju batik, jangan pakai deterjen dan jangan digosok. Jika batik tak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Tapi jika benar-benar kotor, misalnya terkena noda makanan, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yang kotor tadi.

5. Sebaiknya, jangan mencuci batik dengan mesin cuci.

6. Saat akan menjemurnya, batik yang basah tak perlu diperas. Dan jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.

7. Saat menjemurnya, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.

8. Jika sudah dijemur, hindari menyeterika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika.

9. Bila Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran.

10. Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.

11. Simpan batik kesayangan Anda dalam plastik agar tak dimakan ngengat. Saat disimpan dalam lemari jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.

12. Cara lain agar batik tak dimakan ngengat, beri sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik. Atau, letakkan akar wangi yang sudah dua kali melalu proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering. Btik anda akan selalu tampil baru sepeti di tempat jual batik dan jual baju batik.

http://www.tabloidnova.com

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
siti rahayu

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Sep 18, 2008 2:03 pm

ternyata nyuci baju batik ada deterjen khususnya nya yahhh..selama ini aku cuci pake rinso....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
cah sokoliman
Koordinator
cah sokoliman

Lokasi : tangerang
Reputation : 0
Join date : 06.08.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Sep 18, 2008 3:07 pm

weeeah..ngerawat batik repot juga ya..?
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Sep 18, 2008 5:02 pm

betul mas mungkin karena bahan pewarna batik lain dg bahan untuk pakain jenis lain
sehingga lebih peka dg deterjen2 yang ada .
saya juga baru tahu ini mas (ya buat pengalaman kitaaa semua)
wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Ipung Purwanto
Camat
Ipung Purwanto

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Sep 18, 2008 6:22 pm

Mas sapto...,iku batik sing rego piro...?
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
siti rahayu

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 9:54 am

Ipung Purwanto
KOORDINATOR
Mas sapto...,iku batik sing rego piro...?

Mungkin seperti merk Danar Hadi ato Batik Allure yg di senayan city....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator
4lief4

Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 11:30 am

Ha...ha.. Emang biasana bli yg harga brapa pak ipung ma mbak siti ngakak
Kalau aku sangup bli cuma yg murah jd nyucinya asal
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
siti rahayu

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 1:11 pm

Aku jarang beli batik, paling beliin buat bapak ku ama Mamazku...heheh...harganya yah tergantung situasi kantong...heheh

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 1:50 pm

kalau mau batik yang lumayan bagus tetapi harganya agak miring
bisa di coba di pasar sunan giri rawamangun banyak pilihanya

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
siti rahayu

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 1:56 pm

blom tau tuh ps sunangiri rawamangun...takut nyasar....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 2:00 pm

siti rahayu wrote:
blom tau tuh ps sunangiri rawamangun...takut nyasar....

dari terminal rawamangun dekat kalau dari rawasari sebelum arion

monggo

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
badai-laut-selatan
KorLap
badai-laut-selatan

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeFri Sep 19, 2008 6:21 pm

SAYA TAMBAHKAN PULA:

Jika melihat tanggapan teman-teman berarti batik yang sering dipakai bukan batik yang sifatnya harus diperlakukan khusus, atau kurang lebih batik yang di print dan atau paling tinggi adalah batik yang di cap.
Agar tidak ketakutan dalam perawatnnya :
tanyakan ke orang yang menjaga atau sebaiknya baca labelnya(biasanya kalau gak didekat kerah baju, bisa jadi di pinggang atau label lain), kebanyakan yang beredar adalah dengan campuran bahan katun dan polyester dengan metode pembatikannya adalah print, maka batik ini tidak ada bedanya dengan perawatan yang kita lakukan spt biasanya, hanya saja pada saat menjemur di sarankan yang ada motif batiknya di balik, dengan intensitas cahaya matahari tidak kuat, ini dimaksudkan agar warna batik tidak cepat kusam, cahaya uv bersivat memudarkan printing, juga untuk menghindari shocking heat oleh sinar matahari jika kita jemurnya dikelantang(langsung di terik matahari) sehingga kain akan mengkerut.

Jika bahan yang dipakai adalah sutra maka jenis batik ini kana sangat butuh extra perhatian, dan saran sperti sebelumnya sebaiknya dilakukan.

Jika bahan yang dipakai adalah yang mengkilap, jangan percaya itu adalah batik sutra, bahan tersebut adalah satin dimana bahan dasarnya adalah polyester. jadi perawatannya pas disetrika jangan dg suhu panas.

semoga bisa menambah.

_________________
MIRACLE OF SOUTHERN SEA
ym: c_pandurata@yahoo.com
blogs : www.badailautselatan.multiply.com
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeSat Sep 20, 2008 11:26 am

wah tambah lengkap referinsinya piye kabare kang?

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
herbrata
KorLap
herbrata

Lokasi : DI Panjaitan 14 Penas Cawang Halim
Reputation : 0
Join date : 18.12.13

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeWed Dec 18, 2013 9:00 pm

Kalo baju batik cuma kena keringat, saya hanya merendamnya dengan sabun atau sampo bayi saja ...., lalu dibilas ...
Ulangi 3 atau 4 kali ....
Gak usah diperas, digantung dengan hanger yg berbaham kayu tebal (atau plastik) dan diangin-anginkan, jangan kena matahari ....
Kembali Ke Atas Go down
http://gmrapihjaya.web.indotrading.com/
mahadjatis
Koordinator
mahadjatis

Lokasi : Nglipar
Reputation : 1
Join date : 14.11.08

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeTue Mar 11, 2014 10:16 pm

ngerawat batik teliti banget ya...
mesti iku batike regane ratusan ribu....

 ngejek 

_________________
ajib  Hangawula Kawulaning Gusti  ajib

==>DeviantArt
Kembali Ke Atas Go down
http://www.mahadjatis.com
bahqri.dixie
Koordinator
bahqri.dixie

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 8
Join date : 10.07.12

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeThu Mar 13, 2014 2:08 am

info mantab iki
 shakehand 

_________________
FKOGK

Berjaya di udara berkarya di nyata coming good di wonosari.com
Kembali Ke Atas Go down
http://bahqriimages.blogspot.com
widjiume
Camat
widjiume

Lokasi : BEKASI
Reputation : 9
Join date : 21.12.11

Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitimeSat Mar 15, 2014 5:16 pm

Info menarik,,, joz joz 

_________________
Tips kecantikan saricosmetics Cream Sari Kosmetik crystal x Obat Herbal Alami Cream sari kelambu nyamuk siklus pembalut wanita twin tulipware sarikosmetik pemutih sari
Kembali Ke Atas Go down
http://widjiume.web.id
Sponsored content




Merawat Pakaian Batik Empty
PostSubyek: Re: Merawat Pakaian Batik   Merawat Pakaian Batik Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
Merawat Pakaian Batik
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Fashion dan Desain-
Navigasi: