Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 tips supaya bahan bakar irit...

Go down 
PengirimMessage
sky_walker
KorLap
avatar

Lokasi : depan komputer
Reputation : 2
Join date : 14.07.09

PostSubyek: tips supaya bahan bakar irit...   Sat Aug 08, 2009 8:00 am

just share doang mungkin temen2 dah banyak ne yang ngepost....ane dapet dari tetangga sebelah...


Cara menghemat bahan bakar.
1.Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendaraan. Selama mesin bekerja maka bahan bakar tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.
2.Pertahankan kecepatan kendaraan sedapat mungkin sekitar 70 ~ 80 km/jam atau RPM di bawah 3000.
3.Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga bahan bakar minyak yang harus dikirimpun semakin besar.
4.Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam
5.Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.
6.Hindari muatan yang berlebihan. Untuk membawa beban yang besar dibutuhkan tenaga yang besar yang berarti bahan bakar yang seimbang.
7.Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir).
Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikan bila perlu).
8.Jangan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendaraan atau berkendaraan dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepenuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.
9.Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.
10.Gunakan ban dengan kembang dan tekanan angin yang tepat. More Info


mungkin da yang mo nambahin...monggo... frustasi
Kembali Ke Atas Go down
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Mon Aug 10, 2009 10:19 am

suwun kang infone...

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Tue Aug 11, 2009 3:59 am

ada lagi kang... nek dalane mudun.. mesine di pateni
ben irit kang..!! ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
sky_walker
KorLap
avatar

Lokasi : depan komputer
Reputation : 2
Join date : 14.07.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Tue Aug 11, 2009 9:01 pm

sacho_eka wrote:
ada lagi kang... nek dalane mudun.. mesine di pateni
ben irit kang..!! ngakakk


iso wae mas eka ki... Aplouse
Kembali Ke Atas Go down
trimopakesa
Koordinator
avatar

Lokasi : jetis kulon RT06 RW02 pacarejo semanu gunung kidul DIY PULAU JAWA INDONESIA ASIA 50' Bujur Timur 7 Lintang utara 46' 8 Bujur Barat 09' Lintang Selatan BUMI DUNIA TATA SURYA GALAKSI BIMA SAKTI,,,pokok'e sekitar kono kui,,,
Reputation : 249
Join date : 08.04.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Aug 12, 2009 8:51 am

seppp info positip monggo di lajeng aken
Kembali Ke Atas Go down
love_gk
KorLap
avatar

Lokasi : karangmojo-panggang-jakarta
Reputation : 4
Join date : 14.10.08

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Aug 12, 2009 3:01 pm

nebeng kancane yo lumayan irit.... frustasi
Kembali Ke Atas Go down
http://etcdanseterusnya.blogspot.com
sky_walker
KorLap
avatar

Lokasi : depan komputer
Reputation : 2
Join date : 14.07.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Aug 12, 2009 9:12 pm

love_gk wrote:
nebeng kancane yo lumayan irit.... frustasi



Bagoos
Kembali Ke Atas Go down
Yuli Purwaningsih
KorLap
avatar

Lokasi : jogjakarta
Reputation : 3
Join date : 13.09.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Fri Sep 25, 2009 1:58 am

Ngirit bensin atau ngirit anggaran nih? Kalo ngirit bensin untuk ngirit anggaran kayaknya rada sulit juga ya. Sebagai contoh misalnya ada temenku itu gak pernah motornya diisi dengan premium, dia slalu mengisinya dengan pertamax. Menurut dia dengan mengisi pertamax berarti boros diawal tapi mesin motor bisa awet, apa bener ya?
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Fri Sep 25, 2009 9:05 am

Yuli Purwaningsih wrote:
Ngirit bensin atau ngirit anggaran nih? Kalo ngirit bensin untuk ngirit anggaran kayaknya rada sulit juga ya. Sebagai contoh misalnya ada temenku itu gak pernah motornya diisi dengan premium, dia slalu mengisinya dengan pertamax. Menurut dia dengan mengisi pertamax berarti boros diawal tapi mesin motor bisa awet, apa bener ya?
ah enggak juga.. itumah perasaan temen jeng yuli aja

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
Ripto_wae
KorLap
avatar

Lokasi : Bambu Apus,Ciputat (Cah_Kedungpoh )
Reputation : 3
Join date : 26.06.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Thu Oct 01, 2009 5:43 pm

rizky wrote:
Yuli Purwaningsih wrote:
Ngirit bensin atau ngirit anggaran nih? Kalo ngirit bensin untuk ngirit anggaran kayaknya rada sulit juga ya. Sebagai contoh misalnya ada temenku itu gak pernah motornya diisi dengan premium, dia slalu mengisinya dengan pertamax. Menurut dia dengan mengisi pertamax berarti boros diawal tapi mesin motor bisa awet, apa bener ya?
ah enggak juga.. itumah perasaan temen jeng yuli aja


Ah....yang bener..... ngakakk ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Fri Oct 02, 2009 9:01 am

Ripto_wae wrote:
rizky wrote:
Yuli Purwaningsih wrote:
Ngirit bensin atau ngirit anggaran nih? Kalo ngirit bensin untuk ngirit anggaran kayaknya rada sulit juga ya. Sebagai contoh misalnya ada temenku itu gak pernah motornya diisi dengan premium, dia slalu mengisinya dengan pertamax. Menurut dia dengan mengisi pertamax berarti boros diawal tapi mesin motor bisa awet, apa bener ya?
ah enggak juga.. itumah perasaan temen jeng yuli aja


Ah....yang bener..... ngakakk ngakakk ngakakk
Secara ane juga pake premiun pine-pine aja n malah bisa ngirit kenuanya..
awal nyong juga pake pertamax, yang ada berkendara gak mau pelan pengennya kenceng mulu effectnya konsumsi bahan bakar bertambah alias boros, kedua klo ditempat macet n cuaca panas mesin cepet banget panas(overheat).

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
alventa
Pengawas
avatar

Lokasi : http://instaforex.com/
Reputation : 5
Join date : 24.06.11

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Sat Jan 14, 2012 10:00 am

gunakan seperlunya saja biar irit........

_________________
Join with InstaForex | Indonesian Forex Forum |
Follow us on FaceBook | Keep Learning and Doing |
Kembali Ke Atas Go down
http://instaforex.com/
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Thu Jan 19, 2012 8:46 pm

alventa wrote:
gunakan seperlunya saja biar irit........

nek pas dalane njojrog di pateni mesine...
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
alventa
Pengawas
avatar

Lokasi : http://instaforex.com/
Reputation : 5
Join date : 24.06.11

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Feb 08, 2012 10:09 am

nek njojrog e neng pathuk yo jangan dimatikan, buahaya..Very Happy

_________________
Join with InstaForex | Indonesian Forex Forum |
Follow us on FaceBook | Keep Learning and Doing |
Kembali Ke Atas Go down
http://instaforex.com/
widjiume
Camat
avatar

Lokasi : BEKASI
Reputation : 9
Join date : 21.12.11

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Apr 04, 2012 12:55 pm

Quote :
4.Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam

nah ini baru mungkin benar, buat cewek sangat penting...

_________________
Tips kecantikan saricosmetics Cream Sari Kosmetik crystal x Obat Herbal Alami Cream sari kelambu nyamuk siklus pembalut wanita twin tulipware sarikosmetik pemutih sari
Kembali Ke Atas Go down
http://widjiume.web.id
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Apr 04, 2012 2:13 pm

nek medon pathok di glondor wae ,,kelkel Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
widjiume
Camat
avatar

Lokasi : BEKASI
Reputation : 9
Join date : 21.12.11

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Sat Apr 21, 2012 10:33 pm

adrianGP wrote:
nek medon pathok di glondor wae ,,kelkel Very Happy
iso ae mas... ngakak

_________________
Tips kecantikan saricosmetics Cream Sari Kosmetik crystal x Obat Herbal Alami Cream sari kelambu nyamuk siklus pembalut wanita twin tulipware sarikosmetik pemutih sari
Kembali Ke Atas Go down
http://widjiume.web.id
wiwid
HanSip
avatar

Lokasi : Dunia Maya
Reputation : 19
Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Sun Apr 22, 2012 2:26 am

Aq sering yen seko pathuk tekan piyungan ki tak pateni.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Sun Apr 22, 2012 7:45 am

widjiume wrote:
Quote :
4.Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam

nah ini baru mungkin benar, buat cewek sangat penting...

nek nurut tulisane TS iki nggo mobil, ning rasane kok ya ra pas kecepatan 60km/j nganggo gigi 3 ya mobile mbengung....ngawur....
Kembali Ke Atas Go down
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Sun Apr 22, 2012 7:48 am

wiwid wrote:
Aq sering yen seko pathuk tekan piyungan ki tak pateni.. Very Happy

nek motor isih Ok sing ati ati wae, nek mobil aja dibaleni mbebayani, secara mobil ki meh rong ton bobote....momentum gede bro.....wedine rem ora nyandhak....
Kembali Ke Atas Go down
hartoyo_bravokilo
Lurah
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 0
Join date : 26.07.09

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Tue Apr 24, 2012 1:36 am

mana orang GunungKidul yang mrantu di ciputat dan SEKENANYA aku di PONDOK CABE/// Hayo kumpul2.. aku wong BRAVO KILO ANGKATAN 85
Kembali Ke Atas Go down
http://sedayu.printing
herbrata
KorLap
avatar

Lokasi : DI Panjaitan 14 Penas Cawang Halim
Reputation : 0
Join date : 18.12.13

PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   Wed Dec 18, 2013 8:21 pm

Yg paling gampak dan langsung ngefek adalah,
naikkan tekanan angin ban diatas normal (misal hingga 40 psi untuk mobil).
Tapi efeknya mobil jadi keras bantingannya ...
Kembali Ke Atas Go down
http://gmrapihjaya.web.indotrading.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: tips supaya bahan bakar irit...   

Kembali Ke Atas Go down
 
tips supaya bahan bakar irit...
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Otomotif-
Navigasi: